KEBUN BIOLOGY

Di kampus, kami memiliki kebun biologi yang letaknya tepat di depan kampus. saya akan menceritakan sedikit tentang kebun biologi saya. maklum lah saya kan jurusan pendidikan biologi, jadi tahulah walaupun sedikit tentang kebun biologi kami.

Sama seperti manusia, kebun biplogi kami tidak hanya memiliki kelebihan ( bukan maksudnya pamer ya..) tetapi juga memiliki banyak sekali kekurangan ( bukan maksudnya menjelekkan juga ya…). Saya mulai dari kelebihannya, kalau kita masuk ke kebun biologi, kita akan menemukan beraneka macam tumbuhan disana, ya lumayan banyak juga sih. Mulai dari tumbuhan obat-obatan, tanaman hias, buah-buahan sampai rumput liar pun ada di kebun biologi kami. lengkapkan…? Tapi sayang.. musim angin beberapa bulan kemarin telah sukses mengurangi koleksi tumbuhan di kebun biologi kami, khususnya yang berukuran besar (  pohon). Disamping itu, kondisi tanahnya cocok untuk di tumbuhi sebagian besar tumbuhan, ya bisa dikatakan tanah yang subur. Kebun biologi kami juga mempunyai sebuah ruangan khusus yang menurut saya itu adalah gudang penyimpanan alat-alat pembersih kebun ( tapi saya kurang tahu fungsi sebenarnya ruangan itu.. maklum ya!!). Di sana juga ada kolam ikan, sumur dan berugak mini. Kolamnya lumayan  luas dan berbentuk unuk yaitu lingkaran. Cukup dulu untuk kelebihannya, itu secara umum. Untuk lebih jelasnya bisa mampir langsung kekebun biologi kami.

Kebun biologi kami memiliki beberapa kekurangan (no thing perfect in the world…). kebun biologi kami kurang rajin di bersihkan. Kurang rajin bukan berarti tidak pernah dibersihkan ya. jadi sedikit terlihat kotor dan berantakan, hal itu di dukung oleh letaknya yang berdampingan dengan TPU. Tetapi yang lebih membuat saya sedih adalah saya tidak tahu itu perumahan atau apa, tetapi orang-orang yangg tinggal di tempat itu sering membuang ( lebih tepatnya melempar) sampah dengan beraneka macam bentuk dan rupa kebalik tembok mereka yang tidak lain adalah kebun biologi kami tercinta. saya tidak tahu mereka yang tidak tahu disana ada kebun atau memang sengaja, hanya Allah yang tahu. selain itu, kebun biologi kami kekurangan isi. Maksudnya masih banyak lahan yang bisa di tanami tetapi belum di tanami. Selain itu pula, kolam ikan kami yang tidak berpenghuni. sudah lama sekali kolam tersebut tidak di tempati oleh ikan. Maklum kolam kami sedang bermasalah jadi butuh perbaikan dengan maksilmal dulu. Tetapi tenang aja, kami sekarang sedang menyusun beberapa rencana untuk kebun biologi kami tercinta dan insya Allah akan segera terrealisasikan. Amiiiiiinnn ( doakan ya… al fatihah). Itu saja yang bisa saya paparkan, takutnya kalau terlalu banyak ada yang kurang enak nantinya. Terimakasih ^__^

Leave a Reply

